Pertolongan Pertama ketika Handphone Jatuh

InfoUnik24 - Keluhan hp jatuh banyak dialami dari layar berkedip, layar pecah, speaker rusak hingga mati total. Walau hp keluaran terbaru, termahal dan spesifikasi terbaik, jika kondisi habis terjatuh maka apapun kerusakan yang diakibatkan sangat beragam. Setiap kerusakan tersebut harus ditangani dengan baik, walau bisa saja kita beli hp android yang baru. Tetapi ada baiknya kita bisa mengetahui cara penanganan kerusakan yang sifatnya ringan untuk mengembalikan kondisinya agar tidak semakin parah. Apa saja kerusakan hp karena terjatuh dan cara penanganannya?. Mari kita simak artikel tips teknologi berikut ini.

Mengapa banyak kasus hp terjatuh?

Ini bagian paling fatal karena sekali jatuh saja untuk hp android sangat beresiko mengalami kerusakan mungkin mesin hp anda tidak apa-apa tapi bagaimana dengan touchscrren anda 60% layar touchscrren akan pecah/retak apalagi jika jatuh sangat keras misalnya saat anda berkendara.

Dalam kesibukan kita, tak menutup kemungkinkan sifat tidak fokus seringkali terjadi. Hal itu sangatlah berisiko, termasuk apabila Anda tengah mengalami kejadian yang tidak diinginkan seperti misalnya handphone terjatuh ke dalam air atau lantai. Tentu saja kita akan panik jika jatuh ke dalam air, mengingat air sangat mudah untuk merusak alat-alat elektronik. Apalagi jika jatuh ke permukaan yang keras.

Apa tindakan awal saat hp habis terjatuh?

Anda tidak perlu panik lagi jika secara kebetulan Anda mengalami hal serupa. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar kinerjanya dapat kembali seperti semula. Dalam artian handphone tersebut tidak mengalami kerusakan.

Pasang kembali dan periksa kondisi ponselnya

Jika ponselnya jatuh hingga terbongkar atau ada bagian yang terlepas, pasang kembali ponselnya sehingga terlihat kembali seperti semula. Pastikan semua bagian mulai dari baterai hingga kerangka luarnya terpasang dengan benar dan rapat.

Jika ponselnya sudah atau masih utuh, periksa kondisi fisiknya. Apakah ada lecet pada kerangkanya, retakan atau goresan pada layar, atau tombol yang tersangkut, longgar, atau lepas? Selain itu, coba juga goyangkan ponselnya beberapa kali. Jika ada bunyi yang asing dan tidak pernah ada sebelumnya, ada kemungkinan salah satu komponen dalam ponsel pintar EVers terlepas.

Coba nyalakan ponselnya

Jika ponselnya mati akibat terjatuh, coba nyalakan kembali. Pastikan ponselnya bisa dinyalakan kembali seperti biasa. Jika di layarnya tidak muncul apa-apa tapi ada tanda-tanda bahwa ponselnya menyala seperti biasa, coba lakukan pemeriksaan sambungan ke layarnya terputus.

Periksa layar, tombol-tombol, serta fitur fisik lainnya

Jika ponselnya bisa menyala, cobalah untuk menggunakan semua fitur fisik yang tersedia pada ponsel tersebut. Apakah tampilan layarnya masih sama seperti sebelum jatuh? Jika ponselnya memiliki layar sentuh, apakah layarnya masih bisa digunakan seperti biasa? Jangan lupa juga periksa tombol-tombol lain seperti tombol suara dan lainnya.

Selain itu, periksa juga apa speaker pengeras suara, kamera dan lampu flash, mikrofon untuk bicara, dan lubang headset-nya berfungsi seperti biasa.

Periksa telepon, WiFi, dan fitur pemancar lainnya

Jika ponselnya sudah menyala, coba periksa semua fitur pemancar di dalamnya. Apakah ponselnya masih bisa tersambung dengan WiFi dan GPS? Apakah EVers masih bisa mengakses internet menggunakan paket data? Lalu, apakah EVers bisa membuat dan menerima panggilan telepon?

Jika ponselnya terasa menyala tapi tidak menampilkan apa-apa pada layar, ada kemungkinan sambungan ke layarnya lepas sehingga tidak menampilkan apa-apa. Untuk memastikannya, coba gunakan ponsel lain atau minta seorang teman untuk menghubungi nomor ponsel EVers. Jika ponselnya ternyata berbunyi atau bergetar, berarti sambungan layar pada ponsel EVers memang lepas atau rusak.

Jika ponsel perlu perbaikan, bawa ke pusat servis resmi

Jika ponselnya tidak bisa menyala atau tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya, mau tidak mau ponsel tersebut harus diperbaiki. Jangan khawatir, ponsel EVers harusnya masih bisa diperbaiki. Cukup bawa ke pusat perbaikan atau layanan pelanggan resmi. Jangan sembarangan memperbaiki sendiri ponsel milik EVers, terutama jika EVers tidak begitu mengerti tentang mesin atau cara memperbaiki ponsel.

Apa yang harus dihindari dan jangan dilakukan setelah hp terjatuh ke air?

Jika dalam kondisi mati, jangan langsung nyalakan ponsel. Hal ini untuk mencegah terjadinya kemungkinan korsleting pada kabel atau komponen tertentu. Hal ini ditekankan agar sirkuit listrik yang terkena air tidak akan bereaksi, di mana apabila hal itu terjadi maka akan merusak komponen dalam handphone Anda.

Jika dalam kondisi hidup, jangan langsung menekan sembarang tombol untuk memeriksa apakah masih berfungsi atau tidak.

Jangan mengguncang atau memiring-miringkan ponsel, hal ini untuk menghindari air menyebar di dalam komponen.

Jangan coba untuk mengeringkan bagian dalam dengan udara panas (contohnya pengering rambut), karena komponen tertentu sangat rentan dengan udara panas. Bisa menggunakan hair dryer maupun kipas angin biasa. Bisa juga menggunakan sinar matahari tidak langsung. Ingat, tidak langsung. Apabila terkena sinar matahari langsung bukan menangani tapi justru akan merusak.

Pertolongan Pertama ketika Handphone Jatuh Pertolongan Pertama ketika Handphone Jatuh Reviewed by Fitz on 6:06 PM Rating: 5

4 comments:

Powered by Blogger.